6 Fakta Unik tokoh-tokoh Dunia

Beberapa fakta menarik ini patut disimak gan, ternyata terlepas dari kehidupan dan apa yang diraih oleh para tokoh dunia ini, mereka juga mempunyai beberapa keunikan yang mewarnai kehidupan sang tokoh yang mungkin belum agan-agan ketahui sebelumnya.

Meski hanya beberapa fakta unik yang enggak terlalu penting tapi lumayan lah buat menambah pengetahuan agan-agan semua serta menyegarkan otak kita yang saban hari cuman dijejali berita-berita yang gak penting atau gosip para artis ibukota.

KUBILAI KHAN

Kenal sama tokoh yang 1 ini gak gan.? Beliau merupakan salah satu Kaisar Mongol yang terbesar, merupakan cucu dari Gengis Khan. Kaisar Mongol yang terkenal kejam dan ekspansif ini ternyata memiliki sisi toleransi yang sangat tinggi. Percaya atau tidak, Kubilai Khan merupakan tokoh pemimpin pertama di dunia yang menjadikan hari-hari besar keagamaan (seperti Islam, Kristen, Budha, dan Yahudi) menjadi hari libur resmi kenegaraan.

Hal ini memungkinkan karena daerah kekuasaannya sangat luas pada waktu itu. Merentang dari wilayah perbatasan Eropa, Timur Tengah Tengah, dan hampir semua wilayah Asia Timur pada abad-13. Jadi tidaklah heran mengapa ia menjadikan hari besar keagamaan menjadi hari libur nasional karena luasnya daerah kekuasaannya tersebut.

GALILEO GALILEI

Berdasarkan buku 100 Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah karangan Micheal H. Hart, ia menempati peringkat 12 atas jasanya karena secara akurat mengemukakan teori Heliosentris, berada dibawah Louis Pasteur (Ilmuwan, penemu Pasteurisasi) dan diatas Aristoteles (Filsuf Yunani yang berpengaruh). Galileo merupakan ilmuwan yang kurang beruntung, bahkan setelah kematiannya pun ia masih saja mengalami kesulitan. Setelah pandangan-pandangan ilmiahnya soal tata surya membuat dirinya berurusan dengan pihak gereja, kematiannya pun dirundung masalah.

Saat kematiannya pada tahun 1642, jasadnya tidak langsung dikubur, tapi masih disimpan hingga tahun 1737, kira-kira hampir seabad. Tak cukup hanya itu, sebelum dikubur di Gereja Santa Croce, Florence, Italia, seorang bangsawan tega memotong tiga jari Galileo sebagai “kenang-kenangan terakhir”. Dua dari ketiga jari itu kemudian dimiliki oleh seorang dokter Italia, dan jari ketiganya -jari tengah- saat ini berada di Museum Sejarah Ilmu Pengetahuan di Florence, Italia. Untuk apa? Untuk dipajang diatas tiang marmer dan menunjuk ke langit.

ABRAHAM LINCOLN

Tahun 1831 ia mengalami kebangkrutan dalam usahanya. Tahun 1832 ia mengalami kekalahan dalam pemilihan tingkat lokal. Di tahun 1833 ia lagi-lagi mengalami kebangkrutan. Tahun 1835 istrinya meninggal dunia. Tahun 1836 ia menderita tekanan mental yang begitu berat dan hampir saja masuk rumah sakit jiwa. Di tahun 1837 ia gagal dalm suatu kontes pidato. Tahun 1840 ia gagal dalam pemilihan anggota senat AS. Tahun 1842 ia (lagi-lagi) mengalami kekalahan untuk duduk sebagai anggota kongres AS. Tahun 1848 ia gagal lagi di kongres. Tahun 1855 lagi lagi gagal di senat AS. Di tahun 1856 ia menderita kekalahan dalam pemilihan untuk menduduki kursi wakil presiden. Tahun 1858 ia kalah lagi di senat. Tapi akhirnya di tahun 1860 ia terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat!

See? kegagalan yang kerap di alami tak menjadi penghambat Lincoln untuk terus dan terus berusaha sekuat tenaga. Jangan pernah menyerah terhadap kegagalan yang datang bertubi-tubi. Karena suatu saat kesuksesan pun akan kita raih juga. Benar kata pepatah, kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda.

JOHANNES BRAHMS

Kalau ada yang bilang bahwa bergelut di dunia seni harus memiliki perasaan yang halus, maka cobalah baca fakta dibawah ini!

Komposer besar Jerman ini adalah seseorang yang sangat membenci binatang. Di kala waktu senggang atau sedang mencari inspirasi, komposer ini sering pergi ke loteng rumahnya untuk menyiapkan busur dan anak-anak panah.
Untuk apa.? Disana ia hampir tiap waktu untuk memanah kucing-kucing milik tetangganga. Kebiasaan buruknya ini pun terus dilakukan hingga ajal menjemputnya!

NAPOLEON BONAPARTE

Napoleon berada di peringkat 34 pada Buku 100 Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah, karena kontribusinya sebagai penakluk dan pemimpin dari Prancis. Dibawah Alexander Yang Agung (Penakluk dari Macedonia) dan diatas Thomas Alva Edison (Penemu lampu pijar serta Fonograf)

Saat berperang di Timur Tengah pada tahun 1799, ia bermaksud melepaskan 1200 tentara Turki yang berhasil ditahan Prancis, saat Prancis berhasil merebut Jaffa. Saat itu Napoleon sedang terserang influenza. Ketika menginspeksi pasukannya ia batuk terus terusan (ane gak tau nih doi batuk dahak atau batuk kering ) hingga ia mengatakan “Ma sacre toux” (yang artinya kurang lebih “batuk sialan!”). Nah, sialnya perwira yang berada disampingnya merasa sang jenderal mengucapkan “Massacrez tous!” (yang artinya “bunuh semua!”). Akibatnya, seluruh 1200 orang tawanan Turki itu dibunuh. SEMUANYA.!! Hanya karena batuk sang jenderal dan kuping perwira yang eror.

Pesan moralnya adalah : JANGAN MALAS UNTUK MEMBERSIHKAN KUPING ANDA.! SALAH-SALAH ANDA NANTI BISA MEMBUNUH 1200 ORANG TAK BERDOSA.!

WILHELM STEINITZ

Pada masa jayanya, ia adalah salah satu pemain catur cemerlang di dunia. Namun saat semakin tua, ia secara perlahan-lahan dijangkiti kegilaan, dan sering merasa bahwa ia dapat menelepon seseorang tanpa menggunakan telepon, ataupun bermain catur tanpa menyentuh bidak. Puncak kegilaannya terjadi ketika ia mengumumkan kepada masyarakat luas bahwa ia menantang Tuhan untuk bermain catur. Lebih parah lagi, ia menawarkan fur (poor) 1 bidak dalam pertandingan itu!!

Blogged with the Flock Browser

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: